Penyebab Skep Karburator Macet, Coba Cek Insulatornya!

Kejadian ini dialami oleh Joko Supriyanto warga Bener, Tengaran, Kab. Semarang pada motor hariannya. Setelah dipakai beberapa lama, putaran mesin menjadi tinggi dan gas susah untuk diputar.
Setelah dilakukan pengecekan ternyata masalah timbul dari botol skep pada karburator yang macet. Tapi, hal tersebut tidak berlangsung lama karena setelah dingin skep kembali normal.
“Kejadian tersebut karena Continue reading

Kenali Gejala Kampas Kopling Sentrifugal Skubek Mulai Aus

Usia pakai skubek lebih dari 3 tahun dan kerap dipakai ngebut, baiknya lebih waspada! Motor bisa aja nggak mau lari lantaran sepatu kampas kopling sentrifugal mulai aus.
Gejalanya, saat grip gas dibuka, bukan tenaga yang keluar. Tapi, hanya suara raungan mesin. Apalagi skubek yang memang bertransmisi otomatis. Jika gejala selip terjadi saat motor dipakai berkendara di tanjakan, bisa gawat!

Kuras Minyak Rem, Kapan Saatnya?

Banyak perbedaan pendapat di lingkungan bikers soal perlu dan  tidaknya minyak rem dikuras dalam jangka waktu tertentu. Keduanya punya alasan sendiri.  Seperti pendapat Joko Susilo, “Kuras minyak rem tergantung dari kualitas mater rem. Kalau master rem bagus, minyak rem tidak akan berkurang,” ujar kepala mekanik dealer Minerva di Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Pendapat berbeda dikemukakan Ridwan Nur Hayadi, kepala mekanik Dealer Kawasaki Ciputat, Tangerang. Sama dengan yang dikatakan Titut Winarto, kepala mekanik AHASS Wahana Motor di Jl. Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Keduanya sepakat,  Continue reading

Bushing di Pin Driven Face Transmisi CVT, Bikin Minim Friksi


Skubek yang mengaplikasi sistem penggerak roda ala Continuously Variable Transmission (CVT), pasti dilengkapi dengan sliding sheave. Ya, semacam piringan yang berfungsi sebagai dudukan dari rumah kopling ganda. Part ini, juga dilengkapi dengan pin roll sliding sheave. Ada juga pabrikan yang menyebut part dengan istilah pin driven face. Pin ini, punya beragam model.
Tetapi sebelum bicara tentang macam pin driven face ini, sebaiknya kenali dulu fungsinya. Continue reading

Utilitas Ban, Jangan Remehkan Tekanan Angin!

Percaya atau tidak, ban pecah saat riding salah satunya disebabkan oleh kurangnya tekanan angin. Ironisnya, masalah mengisi tekanan angin ini, kerap dilupakan pengendara. Padahal, fungsinya tak cuma terhindar dari ban meledak, tetapi banyak nilai positif lain.
Ada anggapan bahwa ketika berkendara dengan muatan banyak, maka tekanan ban jangan terlalu keras. Misal, berkendara berboncengan dengan beban 1 anak dan barang. Sebab, bila tekanan makin keras, maka akan bikin ban meledak. Jadi, dibikin agak kempis aja.
“Inilah satu hal salah kaprah. Continue reading