Cek Aki pakai Multimeter!,Jangan Main Ganti Baru Aja

Waduh waduh….,Electrik starter motor anda macet? wah  bisa merepotkan deh,soalnya  kudu pakai kick stater  buat ngidupin mesin,hari gini gitu loh bisa pegel2 betis ente!.  salah satu pemicu hal itu terjadi karena aki tekor. mo ganti aki? Eits…. tunggu dulu! Mending biar gak salah analisa yang pastinya bakal buang-buang duit cek &ricek dulu sistem pengisian. gampang kog tapi syarat utamanya anda harus pakai MULTIMETER kalau gak punya, ya pinjem ajah ke Bengkel terdekat atau kalo gak mau repot bawa ajah ke bengkel tapi yang punya  Alatnya ya biar gak salah analisa malahan bisa-bisa kantong anda yang tekor hehe… !yuu’ mari kita cek atu2.

CEK AKI

Pengecekan dan pembongkaran bisa dilakukan sendiri tapi anda harus menggunakan alat MULTIMETER dan obeng untuk  melepas kabel aki

Ukur  Voltase aki pakai Multimeter  putar selector pada posisi DC Volt hubungkan kabel positip Multimeter (merah)ke positip aki dan kabel negatip (hitam) keterminal negatip accu standar pabrik muatan aki penuh /bagus antara 13,0-13,2 volt sedang yang jelek di bawah 12 volt

CEK TEGANGAN PENGISIAN

Hidupkan  mesin denga kondisi aki tidak terpasang hubungkan kabel positip (merah)Multimeter  ke kabel bodi positip(merah),sedangkan kabel negatip (hitam)Multimeter ke kabel  bodi negatip (hijau)untuk aki.

Lalu pelintir gas sampai setengah putaran sekitar 5000 Rpm kemudian sambil di lihat  tegangan pada Multimeter.Kalau angkanya 14.0-15.0 volt berarti sistem pengisian oke,tapi kalo di bawah angka itu berarti  sistim pengisian bermasalah yang menganjurkan cek sepul pegisian sebagai langkah berikutnya.

CEK SEPUL PENGISIAN

Caranya buka baut pengikat  cover bodi tengah kemudian lepas soket sepul pengisian wana Putih /Hijau cek dengan menggunakan Multimeter  yang sebelumnya selectornya kita putar dulu  ke posisi OhmMeter bila  kondisi normal menunjukan angka 0,2-2,0 Ohm .jika kondisi oke dapat dipastikan penyebab aki tekor adalah Regulator/Rectifier/kiprok rusak dan harus diganti.

Untuk referensi nieh ane  bagi data tahanan sepul

Supra,Grand ,Star               :0,1-0,8 Ohm

SupraX125                            0,2-1,0  Ohm

GL                                        :0,2-2,0  Ohm

Tiger                                     :0,5-1,0  Ohm

Vario                                     :0,2-1,0  Ohm

FIZR,Vega                            :0,32-0,48  Ohm

Jupiter Z                               :0,32-0,48  Ohm

Jupiter MX                            :0,38-0,58  Ohm

Mio                                       :0,32-0.48  Ohm

Satria                                   :0,5-1,0   Ohm

Satria FU150                       :0,5-2,0  Ohm

Shogun                                :0,6-1,2  Ohm

Shogun 125R                      :0.5-2,0  Ohm

Kaze                                     :0,2-1,0  Ohm

3 thoughts on “Cek Aki pakai Multimeter!,Jangan Main Ganti Baru Aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s