Bikin Obeng Fleksibel, Manfaatkan Kabel Bekas Spidometer

Untuk perawatan atau servis rutin terutama di bagian yang sulit, mekanik biasanya butuh alat kerja alias tool kit yang bisa menjangkau ke segala posisi. Terutama baut dan sekrup yang dipasang pada bagian paling sulit. Seperti saat seting sekrup udara dan stationer karbu Kawasaki Ninja 250R.

Kebetulan posisi peranti pengabut  bensin ini rada nyempil dan lumayan ngumpet dan meliuk arahnya. Sehingga dibutuhkan obeng fleksibel agar dapat menjangkau posisi itu.

Cuma masalahnya, enggak semua bengkel umum atau perorangan memiliki obeng seperti itu. Selain jarang pakai, enggak semua peralatan di motor menggunakan alat ini.

Kalaupun ada dan ingin dicari, biasanya lebih mudah didapat di toko yang jual peralatan mesti komplrt. Dan pasti, harga obeng ini lumayan mahal lantaran alat ini termasuk kategori special tool.

Tapi, sekarang enggak perlu khawatir lagi. Sebab Lusep Sugiharto yang biasa servis motor cc kecil atau besar juga seorang modifikator, sudah punya solusi mantap punya. Mantan mekanik bengkel resmi Yamaha di Cirebon itu bisa bikin obeng fleksibel agar bisa seting karbu Kawak Ninja 250R. Tool kit custom ini katanya memanfaatkan peralatan dan spare-parts motor bekas tapi yang masih bagus.

“Bikin obeng fleksibel dari bekas potongan tespen yang disambung dengan kabel bekas spidometer. Selain murah-meriah, dapat menjangkau posisi baut atau sekrup paling sulit. Dan yang pasti juga bisa dipakai ke semua motor jika memang membutuhkn alat bantu ini,” ujar builder Moto Lab dari Jl. KH. Mas Mansyur, No. 8, Pinang, Tangerang.

Diperjalas Lusep, obeng fleksibel bikinannya konon hanya memanfaatkan tetpen atau obeng khusus untuk melacak setrum di motor atau di rumah yang dipotong bagian tengahnya. Lalu bagian mata obeng yang bentuknya sudah jadi separuh, ditanam atau ditancapkan pada bagian dalam lubang kabel spidometer yang terlebih dahulu dipotong agar terlihat lubangnya.

Begitu juga untuk bagian pemegang obeng fleksibel ini. Gagang bekas potongan tespen tadi dimanfaatkan kembali oleh Lusep sebagai pemegang. Sehingga proses buka-tutup baut atau sekrup di karbu Ninja 250R dapat dikerjakan dengan lancar juga lebih mudah dan nyaman. Apalagi untuk menyambung semua itu, memang tidak perlu dilem atau bahkan sampai dilas mati.

“Prinsip kerja obeng ini sama saja. Bedanya alat ini dibikin lebih panjang juga dapat meliuk-liuk hingga ke bagian yang paling sulit. Selain itu juga, alat ini bisa ganti kepala obeng min atau kembang dengan pemegang yang sama,” serita Lusep bangga.

Yuk dibikin.  (motorplus-online.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s