Solusi Problem CVT Honda BeAT

Mekanisme mesin skubek memang kompak. Itu karena skubek didukung CVT yang terdiri dari puli primer dan sekunder dengan kopling sentrifugal (otomatis). Saking kompaknya, skubek enggak butuh pemindah gigi. Ya, seperti Honda BeAT, suara mesin dan putarannya terbilang sangat halus mulai dari rpm bawah sampai atas.

Tapi, sehalus-halusnya CVT, kalau salah satu komponen bermasalah repot juga. Selain timbul suara berisik, tunggangan seperti tersendat mulai mesin dihidupkan hingga grip gas dibuka untuk jalankan motor matik.

“Biasanya belt di puli mulai kotor, roller miring (peang), lubang alur di mangkuk puli skunder skunder agak terkikis atau mangkuk kampas kopling sentrifugal tiddak rata lagi. Makanya timbul suara aneh dan jalan skubek enggak normal,” beber Mabruri Nuryana alias Ruri, Instruktur Mekanik sekolah HMTC (Hartomo Mechanical Training Centre), Depok.

Namun sumber semua masalah selain cara pakai yang kasar, juga tergantung dari cara pemilik merawat mesin. Apalagi komponen di CVT rawan debu, oli dan air. Ketika sudah tidak peduli lagi, komponen gampang rusak hingga timbul berisik atau jalan tersendat.

Cara paling sederhana jaga kondisi CVT agar tetap baik yaitu hindari 3 hal itu. Misal selalu bersihkan filter udara CVT setiap 3 bulan atau berbarengan saat servis berkala. Namun jika filter udara mulai berpori besar, tersumbat atau robek segera diganti dan tidak bisa ditawar.

“Jika debu campur air masuk ke rumah CVT dan mengendap di belt atau roller, kedua komponen bukan cuma cepat terkikis tapi akan timbulkan suara mendecit. Parahnya lagi jalannya tunggangan tidak lencer lagi,” lanjut Ruri dari Jl. Tole Iskandar, Depok.

Persolan juga bisa dari cara pakai dan perawatan. Apalagi kalau komponen CVT juga gunakanan pelumas khusus berupa gemuk (grease) tidak dilakukan penggatian secara berkala. Makanya disarankan untuk melakukan pelumasan rutin setiap satu tahun sekali.. (www.motorplus-online.com)

Penulis : KR15 | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. M+

2 thoughts on “Solusi Problem CVT Honda BeAT

    • maaf nie gan..!,(geureujeug) bahasa kurang ngerti (ora mudheng bro),maf apa maksud’a “bergetar”.oke dah gan berdasarkn pengalaman ane nie kalo timbul getaran itu saat gas mulai di buka terus getaran akan hilang setelah motor jalan kecepatan tertentu,ada beberapa penyebab agan musti buka CVT lihat
      1.ROLLER WEIGHT biasanya Roller sudah rusak/peang/bushing roller sdh lepas
      2.Cek PIECE SLIDE,kalo sudah longgar/pecah hrs di ganti
      3.Cek kondisi Kopling Centrifugal,terutama kondisi kampas’a/masalah jg bs krn Rubber Clutch Damper Rusak
      4.oh iyah berdasarkan pengalaman dan percobaan pemakaian Roller di selang seling dg berat gram berbeda cenderung menimbulkan Vibrasi apalagi selisih berat’a jauh.
      Mudah2’n bermanfaat.tolong di koreksi buat agan2 yg lain kalo ada pengalaman yg lain.Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s