Upgrade Performa Minerva R 150 VX

OTOMOTIFNET – Secara penampilan, Minerva R 150 VX memang sangat sporti. Tak heran jika meraih gelar Best Design di ajang OTOMOTIF Award 2010 (Mr. Testo). Namun secara performa, bagi sebagian penggunanya dianggap masih kurang mantap.

Seperti diungkap Dede dari Bali, katanya larinya kurang kenceng. Ada juga yang mengeluh akselerasi lambat. Padahal menurut hasil tes Mr. Testo lumayan lo, bisa tembus 125 km/jam.  Tapi yah, namanya beda rider, pasti beda hasilnya.

Untuk mengobati kekurangpuasan pemakai motor sport 150 cc ini, Mr. Testo coba memberi referensi. Ubahan-ubahan yang bisa dilakukan untuk mendongkrak performanya. Oh iya, kali ini enggak terlalu ekstrem, cukup plug and play.

Nah jika belum puas, bisa dilanjutkan pada ubahan yang lebih advance. Tentu pada edisi-edisi yang akan datang. Makanya pantengin terus tabloid kesayangan Anda ini. Karena kami siap mengantarkan Anda menjadi motormania yang cerdas sekaligus bangga dengan besutan kesayangannya.

Dalam kondisi standar, motor buatan PT Minerva Motor Indonesia (MMI) ini mampu memproduksi tenaga sebesar 13,64 dk/8.374 rpm, torsi 12,84 Nm/6.022 rpm. Pengukuran menggunakan dynamometer DYNAmite milik bengkel Ultra Speed di Jl. H. Mencong, Ciledug, Tangerang.

Setelah dilakukan ubahan oleh Bie Hau, dari bengkel Samudera Jaya Motor yang baru saja pindah ke Jl. Joglo Raya No.230, Jakbar dan diukur ulang, tenaga meningkat menjadi 13,82 dk/8.138 rpm, torsi 13,83 Nm/6.294 rpm.

Terjadi kenaikan tenaga 0,18 dk, sedang torsi 0,99 Nm. Secara angka memang tak terlalu besar. Namun tarikan awal jadi makin mantap, ketika dicoba jadi gampang untuk melakukan wheelie.

Nafas mesin juga terasa lebih panjang, karena terbaca powerband makin luas. Jika standarnya setelah peak power di 8.374 rpm performa langsung turun, setelah dioprek tenaga masih tetap flat hingga 10 ribuan rpm.

Penasaran dengan ubahan yang menghabiskan dana satu jutaan ini? Silakan disimak terus, oh iya tulisan ini sekaligus menjawab pertanyaan dari rekan Mr. Testo, baik lewat email (mr.testo10@gmail.com) atau facebook (Tester Otomotif).


Knalpot freeflow buatan Stanlee, selain performa yahud, penampilan juga ciamik

Koil mengandalkan Protec tipe ground strap, api lebih besar

Per kopling pakai yang lebih kenyal sehingga tak selip lagi

Spuyer naik 2 step untuk mengimbangi knalpot freeflow dan pengapian yang membesar

Knalpot
Menurut Bie Hau, pelepas gas buang bawaan motor terlalu besar hambatannya, sehingga kenaikan putaran mesin (rpm) jadi lambat. Makanya ganti freeflow bikinan Stanlee. “Leher dibikin dari pipa 28 mm, lalu di silencer 38 mm, desainnya dibuat tetap ada turbulensi agar torsi di putaran bawah meningkat, sedang atasnya tetap jalan,” terangnya.

Pengapian
Mendongkrak pengapian, hanya koil yang diganti dengan yang berkemampuan lebih baik. Efeknya tentu saja pembakaran makin bagus. “Mendongkrak performa terutama di putaran bawah,” lanjut mekanik yang sering mengerjakan motor drag ini.

Spuyer
Pembuangan makin lancar, pengapian pun membesar. Untuk mengimbanginya suplai bahan bakar diperbanyak. “Namun cukup pilot jet saja yang naik 2 step jadi 42,” paparnya. Oh iya, bentuknya sama dengan spuyer Honda GL.

Kopling
Satu hal yang terasa saat standar, kopling agak selip. Setelah dianalisa salah satu penyebabnya per kopling terlalu lembek, terasa dari tendangan handel kopling yang lembut. “Memperbaikinya, per diganti lebih kenyal, diameter ulir lebih besar dan jarak antar per renggang,” tutup Bie Hau.

Part dan jasa      
Knalpot Stanlee 600.000    
Koil Protec 230.000    
Per kopling G-force 150.000    
Spuyer 150.000    
Jasa 75.000    
Total 1.080.000    
Data performa Standar Upgrade Kenaikan
Tenaga 13,64 dk / 8.374 rpm 13,82 dk / 8.138 rpm 0,18 dk
Torsi 12,64 Nm / 6.022 rpm 13,83 Nm / 6.296 0,99 Nm
Samudera Jaya Motor (SJM) 0816-1976566 / 021-95078288    
Penulis : Aant | Teks Editor : AZ | Foto : Aant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s