Bikin Tarikan Bawah Skydrive Lebih Responsif

 

MotoBike – Suzuki Skydrive jadi salah satu produk matik pabrikan berlambang S yang diminati masyarakat. Banyaknya produk ini yang seliweran di jalan raya, jadi indikasi hal tersebut. Namun skutik adalah skutik. Meski kapasitas mesinnya 125 cc, konsumen Skydrive terutama yang anak muda mengeluhkan kondisi mesin kurang responsif. “Tarikan di rpm bawahnya kurang galak,” ujar Joko Sutopo menirukan keluhan konsumennya.

Namanya juga keluhan konsumen, tentu langsung direspon mekanik balap dari bengkel Sinergi Motor, di Depok ini. Untuk menambah responsif Skydrive, Joko punya trik upgrade performa yang cukup simpel. “Enggak perlu bongkar-bongkar mesin, cukup colek-colek di bagian CVT saja,” ujarnya.

Bahkan bila urusannya hanya membuat Skydrive lebih responsif, enggak perlu mengganti CDI standar dengan yang berlabel racing. Pasalnya untuk bikin responsif ditarikan awal, enggak butuh putaran mesin yang tinggi. “Asal gas dipelintir sedikit langsung ada respon dari mesin Skydrive, sudah bisa jadi tanda adanya perubahan di bagian tersebut. Bila pakai ganti CDI racing, jadi lain urusan,” terang mekanik yang jago meracik noken as buat balap ini.

Oke biar enggak pake lama, Joko bagi-bagi triknya, neh. Bimsalabim ganti apa, prok…prok..prok! n

1. Biar lebih responsif, maka kampas kopling Skydrive mesti dibuat mencengkeram lebih keras. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengganti per CVT standar Skydrive dengan bawan Honda Vario.

2. Roller juga dibutuhkan yang bisa bergeser lebih cepat. Namun perlu diperhatikan, bila roller-nya terlalu enteng juga enggak bagus. Pasalnya akan bikin nafas Skydrive tidak panjang. Di trik bagian ini, Joko biasanya pakai sistem selang-seling (ukuran 9 dan 10 gram).

3. Selain colek-colek bagian CVT, Joko juga mengganti knalpot standar dengan yang racing. Ini dilakukan agar aliran gas buang jadi lebih plong. Ganti knalpot racing, juga bisa mendongkrak tenaga sampai 1,5 dk.

4 CDI standar Skydrive tetap bisa diandalkan. Toh yang diinginkan hanya membuat Skydrive lebih responsif di putaran bawah.

Sinergi Motor : 021-93538423

Daftar belanjaan:

• Per CVT Honda Vario: Rp 70.000 • Roller: Rp 90.000 • Knalpot: Rp 350.000–550.000


Penulis : Octavianus | Editor : Pilot | Photo : Banar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s