membikin tensioner keteng kuat sementara?

Gambar 1

Rantai keteng mulai mengeluarkan bunyi bunyian berisik? Salah satunya bisa disebabkan oleh tensioner rantai yang sudah lemah. Kemampuan pegas di dalam tensioner rantai sudah tidak bisa lagi menahan getaran rantai keteng.Sehingga rantai keteng bergerak melebihi toleransi yang akhirnya membuat suara berisik. Apesnya untuk mengganti tensioner rantai keteng tidak lah murah. Tensioner rantai keteng Honda Tiger yang original saja dijual Rp 310.000. Wah, kalau begini mesti nabung dulu dong.

Lalu bagaimana caranya membuat tensioner rantai keteng yang sudah lemah tadi bisa kuat kembali.

Gambar 2
Buktikan lewat suara hentakannya.

“Cuci saja dengan bensin, tapi hanya untuk sementara ya,” buka Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT Astra Honda Motor (AHM). Benar nih hanya dengan dicuci bensin pegasnya bisa kembali kuat? “Bisa karena dengan bensin oli di pegasnya hilang. Tanpa oli yang punya sifat licin akhirnya pegas di dalam oli jadi lebih kuat,” lanjutnya.

Cara membuktikannya muda saja. Ambil obeng min dan putar baut di bagian atas dalam tensioner.

Bila pegas sudah jelek ketika obeng min dicabut tonjokan tensioner akan kembali dengan lemah. Tapi setelah dicuci bensin tonjokan tensioner kembali dengan cepat. Bedakan saja suaranya. Yang kembali dengan cepat suaranya lebih nyaring.

Tapi sekali lagi Endro mewanti cara ini hanya untuk sementara. Bila memang sudah seharunya diganti, maka tidak lama oli akan kembali membasahi tensioner dan pegas yang memang sudah loyo akan kembali loyo. “Paling hanya bertahan dua minggu, setelah itu akan berisik lagi,” prediksi Endro.

2 minggu? Cukup lah untuk nabung beli tensioner original!

Sumber :Penulis/Foto:Popo – otomotifnet.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s