Beda Clearance Liner-Piston Untuk Harian dan Balap

Sebenarnya, sobat juga bisa bedakan clearance antara piston dengan liner. Terutama, demi kebutuhan harian dan balap. Biasanya buat mesin balap, gap atawa jarak antara piston dengan liner dibuat sedikit lebih renggang. Jadi, tinggal panaskan sedikit lalu langsung geber!

Itu karena ketika dipakai, suhu mesin di pacuan balap tentu melebihi suhu mesin yang tercipta dari pacuan harian. Maka, pemuaian yang terjadi di piston juga sedikit lebih besar.

Malah, terkadang ada tunner yang membedakan clearance berdasar pendinginan engine. Ya! Jika bantuan pendinginan lebih maksimal, maka clearance yang diusung sedikit lebih kecil. Misal jika sebelumnya main di angka 0,04mm, maka dibuat jadi 0,03mm.

Tapi, kalau untuk keperluan harian, tidak perlu clearance sebesar itu. Biasanya, pakai jarak 0,01mm atau 10 mikron saja sudah cukup mumpuni kok. Sip deh!   (motorplus-online.com)

Penulis : Eka | Teks Editor : Nurfil | Foto : GT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s