Aturan Skir Klep

MotoBike – Dalam melakukan sekur/skir klep, mekanik kerap berpatokan ketika terjadi kebocoran kompresi saja. Begitu kompresi drop, langsung skir klep, bocor lagi ya skir lagi. Padahal ada batas maksimum dalam melakukannya lo, tidak boleh terlalu sering. Sebab seating klep atau dudukan klep dalam kepala silinder punya batas pakai. Lha terus patokannya apa dong?

Yuk, mari kita bahas satu per satu ya. Sebelumnya, pahami dulu terminologi seating klep. Monggo disimak pada gambar (gbr. 1). Motor standar biasanya menganut sudut 35°, 45° dan 60°. ”Adapun sudut 45° merupakan titik kontak antara klep dengan seating klep, “ ungkap Risa Rismawan dari Bengkel Pro  Tuner di Jl. Imam Bonjol, Denpasar, Bali.

 
Oh iya, kalau belum pada tau apa itu skur klep, adalah sebuah proses untuk melamakkan atau merapatkan klep dengan kedudukannya yang punya sudut  45°  tadi. Nah, biasanya yang kurang diperhatikan oleh mekanik adalah batasan dari lebar sudut 45° pada cylinder head (gbr. 2), “Lebar maksimal dudukan klep jangan sampai lebih dari sudut  45° (gbr.  3). Idealnya antara 0,8 – 1.2 mm, tergantung dari diameter klep yang digunakan,“  timpal Benny Kusworo dari bengkel bubut Benny Motor.

Kalau terlalu lebar atau melebihi batas tadi, dampaknya malah jadi rawan bocor. Sehingga efeknya akan berpengaruh pada kompresi mesin. Kalau sudah begitu, sebaiknya segera rekondisi kembali seating klepnya di tukang bubut kepercayaan Anda. Atau bisa juga dilakukan sendiri jika bagi yang sudah ahli dan punya cutter  valve (alat rekondisi seating klep). Tapi ingat, jangan lupa untuk mengembalikan sudut 35° dan 60°-nya ya!

 

Perlu diketahui pula, seating klep yang sering direkondisi atau disekur, kadang bisa membuat dudukan klep semakin turun atau amblas ke dalam (gbr. 4). Namun bila kondisinya sudah seperti itu, jangan dulu buru-buru ganti silinder kop! “Karena bisa diganti kok seating-nya. Malah dengan pilihan bahan yang beragam,” tukas Benny yang bengkel bubutnya beralamat di Jl. Plawa, Denpasar.

Masih kata Benny, dalam melakukan penggantian seating klep, ada trik yang bisa dilakukan untuk membuat seating lebih kokoh. “Selain diberi lem khusus, sebaiknya celah/clearance antara seating baru dengan kepala silinder dipatok 0,03 mm. Cara ini sudah terbukti lebih tahan terhadap panas dan tidak mudah copot,” bebernya.

http://www.mymotobike.com

Pengirim : Bonito | E-mail : Sragen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s