Deteksi Penyebab Belt CVT Selip, Debu Membawa Luka

honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,upss,kalau,baca,judul,di,atas,kayak,sinetron,ya,memang,peristiwa,dialami,andi,pada,honda,scoopy,keluaran,oktober,2010,milik,mirip,cerita,sinetron,soal,ibarat,cinta,lagi,bersemi,lantaran,skutik,retro,berlambang,sayap,mengepak,lagi,enakenak,dipakai,eh,tibatiba,muncul,masalah,saat,mesin,sudah,panas,ketika,akselerasi,awal,kondisi,berhenti,muncul,suara,ciiittthellip,agak,keras,kayak,belt,selip,waktu,mesin,dingin,gak,ada,masalah,padahal,jarak,tempuh,baru,8721,km,bingung,warga,depok,jabar,awal,andi,pikir,mungkin,bagian,dalam,cvt,kemasukan,air,kala,mencuci,motor,setelah,jalan,4,hari,kendala,sebut,gak,hilanghilang,akhir,dibawalah,tuh,skutik,kesaan,ke,bengkel,ahass,di,kawasan,jl,dewi,sartika,cawang,jaksel,sumber,bunyi,ciiitt,tadi,asal,bagian,cvt,maka,bagian,dibongkar,pas,dilihat,kondisi,belt,ata,masalah,namun,ketika,belt,dipegang,asa,lengket,kayak,ada,cipratan,grease,atau,gemuk,gbr1,dinding,ruang,cvt,pun,agak,kotor,kehitaman,utama,seputar,driven,pulley,alias,puli,sekunder,maka,seluruh,komponen,puli,sekunder,pun,dibongkar,kebocoran,grease,memang,berasal,puli,primer,ucap,mekanik,bertugas,membongkar,motor,andi,penyebab,endro,sutarno,instruktur,astra,honda,trang,cen,ahtc,kebetulan,ada,di,lokasi,langsung,ikut,menganalisa,seperti,sil,aus,sehingga,menyebabkan,pelumasan,dalam,driven,pulley,bocor,ke,luar,mengenai,belt,tukas,endro,usai,meneliti,puli,sekunder,sudah,dibongkarada,dua,buah,oil,seal,menjaga,pelumasan,di,dalam,movable,driven,face,gbr2,salah,satu,s,ada,luka,otomatis,pelumasan,dalam,movable,driven,face,merembes,keluar,waktu,mesin,panas,sebab,grease,kalau,kena,panas,kan,mencair,maka,selip,jadi,ha,ketika,mesin,sudah,panas,jadi,di,semua,skutik,jelas,endro,penyebab,utama,aus,sil,menurut,endro,kotoran,kayak,sil,sokbreker,kalau,sering,kena,kotoran,lamalama,membuat,bagian,leher,sil,luka,sehingga,oli,merembes,ke,luar,seharus,setiap,jarak,tempuh,8000,km,bagian,cvt,mesti,dicek,dibersihkan,kotoran,gbr3,ang,malah,lanjut,endro,sering,melewati,kawasan,berdebu,durasi,pengecekan,bagian,cvt,lebih,cepat,lagi,misal,tiap,kelipatan,6000,atau,7000,km,kotoran,debu,luar,masuk,ke,dalam,cvt,lewat,lubang,pernsan,cvt,gbr4,tambah,jadi,bukan,ha,gesekan,kampas,setrifugal,s,lo,MotoBike Upss.. kalau baca judul di atas kayak sinetron ya? Tapi memang peristiwa yang dialami Andi pada Honda Scoopy keluaran Oktober 2010 miliknya mirip cerita sinetron. Soalnya ibarat cinta lagi bersemi lantaran skutik retro berlambang sayap mengepak itu lagi enak-enaknya dipakai, eh, tiba-tiba muncul masalah.
“Saat mesin sudah panas, ketika akselerasi awal dari kondisi berhenti, muncul suara ciiittt… yang agak keras kayak belt selip. Tapi waktu mesinnya dingin, gak ada masalah. Padahal jarak tempuh baru 8.721 km,” bingung warga Depok, Jabar ini.
Awalnya Andi pikir mungkin bagian dalam CVT kemasukan air kala mencuci motornya. Tapi setelah jalan 4 hari, kendala tersebut gak hilang-hilang. Akhirnya dibawalah tuh skutik kesayangan ke bengkel AHASS di kawasan Jl. Dewi Sartika, Cawang, Jaksel.
Karena sumber bunyi ciiitt tadi asalnya dari bagian CVT, maka bagian itu dibongkar. Pas dilihat kondisi belt, teranyata tidak masalah. Namun ketika belt dipegang, terasa lengket kayak honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,upss,kalau,baca,judul,di,atas,kayak,sinetron,ya,memang,peristiwa,dialami,andi,pada,honda,scoopy,keluaran,oktober,2010,milik,mirip,cerita,sinetron,soal,ibarat,cinta,lagi,bersemi,lantaran,skutik,retro,berlambang,sayap,mengepak,lagi,enakenak,dipakai,eh,tibatiba,muncul,masalah,saat,mesin,sudah,panas,ketika,akselerasi,awal,kondisi,berhenti,muncul,suara,ciiittthellip,agak,keras,kayak,belt,selip,waktu,mesin,dingin,gak,ada,masalah,padahal,jarak,tempuh,baru,8721,km,bingung,warga,depok,jabar,awal,andi,pikir,mungkin,bagian,dalam,cvt,kemasukan,air,kala,mencuci,motor,setelah,jalan,4,hari,kendala,sebut,gak,hilanghilang,akhir,dibawalah,tuh,skutik,kesaan,ke,bengkel,ahass,di,kawasan,jl,dewi,sartika,cawang,jaksel,sumber,bunyi,ciiitt,tadi,asal,bagian,cvt,maka,bagian,dibongkar,pas,dilihat,kondisi,belt,ata,masalah,namun,ketika,belt,dipegang,asa,lengket,kayak,ada,cipratan,grease,atau,gemuk,gbr1,dinding,ruang,cvt,pun,agak,kotor,kehitaman,utama,seputar,driven,pulley,alias,puli,sekunder,maka,seluruh,komponen,puli,sekunder,pun,dibongkar,kebocoran,grease,memang,berasal,puli,primer,ucap,mekanik,bertugas,membongkar,motor,andi,penyebab,endro,sutarno,instruktur,astra,honda,trang,cen,ahtc,kebetulan,ada,di,lokasi,langsung,ikut,menganalisa,seperti,sil,aus,sehingga,menyebabkan,pelumasan,dalam,driven,pulley,bocor,ke,luar,mengenai,belt,tukas,endro,usai,meneliti,puli,sekunder,sudah,dibongkarada,dua,buah,oil,seal,menjaga,pelumasan,di,dalam,movable,driven,face,gbr2,salah,satu,s,ada,luka,otomatis,pelumasan,dalam,movable,driven,face,merembes,keluar,waktu,mesin,panas,sebab,grease,kalau,kena,panas,kan,mencair,maka,selip,jadi,ha,ketika,mesin,sudah,panas,jadi,di,semua,skutik,jelas,endro,penyebab,utama,aus,sil,menurut,endro,kotoran,kayak,sil,sokbreker,kalau,sering,kena,kotoran,lamalama,membuat,bagian,leher,sil,luka,sehingga,oli,merembes,ke,luar,seharus,setiap,jarak,tempuh,8000,km,bagian,cvt,mesti,dicek,dibersihkan,kotoran,gbr3,ang,malah,lanjut,endro,sering,melewati,kawasan,berdebu,durasi,pengecekan,bagian,cvt,lebih,cepat,lagi,misal,tiap,kelipatan,6000,atau,7000,km,kotoran,debu,luar,masuk,ke,dalam,cvt,lewat,lubang,pernsan,cvt,gbr4,tambah,jadi,bukan,ha,gesekan,kampas,setrifugal,s,lo,ada cipratan grease atau gemuk (gbr.1). Dinding ruang CVT pun agak kotor kehitaman, terutama seputar driven pulley alias puli sekunder.
Maka seluruh komponen puli sekunder pun dibongkar. “Kebocoran grease memang berasal dari puli primer,” ucap mekanik yang bertugas membongkar motor Andi. Apa penyebabnya?
Endro Sutarno, instruktur Astra Honda Training Center (AHTC) yang kebetulan ada di lokasi langsung ikut menganalisa.
“Sepertinya silnya aus, sehingga menyebabkan pelumasan dalam driven pulley bocor ke luar dan mengenai belt,” tukas Endro usai meneliti puli sekunder yang sudah dibongkar.Ada dua buah oil seal yang menjaga pelumasan di dalam movable driven face (gbr.2).
honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,upss,kalau,baca,judul,di,atas,kayak,sinetron,ya,memang,peristiwa,dialami,andi,pada,honda,scoopy,keluaran,oktober,2010,milik,mirip,cerita,sinetron,soal,ibarat,cinta,lagi,bersemi,lantaran,skutik,retro,berlambang,sayap,mengepak,lagi,enakenak,dipakai,eh,tibatiba,muncul,masalah,saat,mesin,sudah,panas,ketika,akselerasi,awal,kondisi,berhenti,muncul,suara,ciiittthellip,agak,keras,kayak,belt,selip,waktu,mesin,dingin,gak,ada,masalah,padahal,jarak,tempuh,baru,8721,km,bingung,warga,depok,jabar,awal,andi,pikir,mungkin,bagian,dalam,cvt,kemasukan,air,kala,mencuci,motor,setelah,jalan,4,hari,kendala,sebut,gak,hilanghilang,akhir,dibawalah,tuh,skutik,kesaan,ke,bengkel,ahass,di,kawasan,jl,dewi,sartika,cawang,jaksel,sumber,bunyi,ciiitt,tadi,asal,bagian,cvt,maka,bagian,dibongkar,pas,dilihat,kondisi,belt,ata,masalah,namun,ketika,belt,dipegang,asa,lengket,kayak,ada,cipratan,grease,atau,gemuk,gbr1,dinding,ruang,cvt,pun,agak,kotor,kehitaman,utama,seputar,driven,pulley,alias,puli,sekunder,maka,seluruh,komponen,puli,sekunder,pun,dibongkar,kebocoran,grease,memang,berasal,puli,primer,ucap,mekanik,bertugas,membongkar,motor,andi,penyebab,endro,sutarno,instruktur,astra,honda,trang,cen,ahtc,kebetulan,ada,di,lokasi,langsung,ikut,menganalisa,seperti,sil,aus,sehingga,menyebabkan,pelumasan,dalam,driven,pulley,bocor,ke,luar,mengenai,belt,tukas,endro,usai,meneliti,puli,sekunder,sudah,dibongkarada,dua,buah,oil,seal,menjaga,pelumasan,di,dalam,movable,driven,face,gbr2,salah,satu,s,ada,luka,otomatis,pelumasan,dalam,movable,driven,face,merembes,keluar,waktu,mesin,panas,sebab,grease,kalau,kena,panas,kan,mencair,maka,selip,jadi,ha,ketika,mesin,sudah,panas,jadi,di,semua,skutik,jelas,endro,penyebab,utama,aus,sil,menurut,endro,kotoran,kayak,sil,sokbreker,kalau,sering,kena,kotoran,lamalama,membuat,bagian,leher,sil,luka,sehingga,oli,merembes,ke,luar,seharus,setiap,jarak,tempuh,8000,km,bagian,cvt,mesti,dicek,dibersihkan,kotoran,gbr3,ang,malah,lanjut,endro,sering,melewati,kawasan,berdebu,durasi,pengecekan,bagian,cvt,lebih,cepat,lagi,misal,tiap,kelipatan,6000,atau,7000,km,kotoran,debu,luar,masuk,ke,dalam,cvt,lewat,lubang,pernsan,cvt,gbr4,tambah,jadi,bukan,ha,gesekan,kampas,setrifugal,s,lo,“Bila salah satunya saja ada yang luka, otomatis pelumasan dalam movable driven face akan merembes keluar waktu mesin panas. Sebab grease kalau terkena panas kan akan mencair. Makanya selip terjadi hanya ketika mesin sudah panas. Ini bisa terjadi di semua skutik,” jelas Endro.
Penyebab utama ausnya sil menurut Endro karena kotoran. “Kayak sil sokbreker aja kalau sering terkena kotoran lama-lama membuat bagian leher sil terluka, sehingga oli merembes ke luar. Seharusnya setiap jarak tempuh 8.000 km, bagian CVT mesti dicek dan dibersihkan dari kotoran (gbr.3),” terangnya.
Malah, lanjut Endro, bila sering melewati kawasan berdebu durasi pengecekan bagian CVT bisa lebih cepat lagi, misalnya tiap kelipatan 6.000 honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,upss,kalau,baca,judul,di,atas,kayak,sinetron,ya,memang,peristiwa,dialami,andi,pada,honda,scoopy,keluaran,oktober,2010,milik,mirip,cerita,sinetron,soal,ibarat,cinta,lagi,bersemi,lantaran,skutik,retro,berlambang,sayap,mengepak,lagi,enakenak,dipakai,eh,tibatiba,muncul,masalah,saat,mesin,sudah,panas,ketika,akselerasi,awal,kondisi,berhenti,muncul,suara,ciiittthellip,agak,keras,kayak,belt,selip,waktu,mesin,dingin,gak,ada,masalah,padahal,jarak,tempuh,baru,8721,km,bingung,warga,depok,jabar,awal,andi,pikir,mungkin,bagian,dalam,cvt,kemasukan,air,kala,mencuci,motor,setelah,jalan,4,hari,kendala,sebut,gak,hilanghilang,akhir,dibawalah,tuh,skutik,kesaan,ke,bengkel,ahass,di,kawasan,jl,dewi,sartika,cawang,jaksel,sumber,bunyi,ciiitt,tadi,asal,bagian,cvt,maka,bagian,dibongkar,pas,dilihat,kondisi,belt,ata,masalah,namun,ketika,belt,dipegang,asa,lengket,kayak,ada,cipratan,grease,atau,gemuk,gbr1,dinding,ruang,cvt,pun,agak,kotor,kehitaman,utama,seputar,driven,pulley,alias,puli,sekunder,maka,seluruh,komponen,puli,sekunder,pun,dibongkar,kebocoran,grease,memang,berasal,puli,primer,ucap,mekanik,bertugas,membongkar,motor,andi,penyebab,endro,sutarno,instruktur,astra,honda,trang,cen,ahtc,kebetulan,ada,di,lokasi,langsung,ikut,menganalisa,seperti,sil,aus,sehingga,menyebabkan,pelumasan,dalam,driven,pulley,bocor,ke,luar,mengenai,belt,tukas,endro,usai,meneliti,puli,sekunder,sudah,dibongkarada,dua,buah,oil,seal,menjaga,pelumasan,di,dalam,movable,driven,face,gbr2,salah,satu,s,ada,luka,otomatis,pelumasan,dalam,movable,driven,face,merembes,keluar,waktu,mesin,panas,sebab,grease,kalau,kena,panas,kan,mencair,maka,selip,jadi,ha,ketika,mesin,sudah,panas,jadi,di,semua,skutik,jelas,endro,penyebab,utama,aus,sil,menurut,endro,kotoran,kayak,sil,sokbreker,kalau,sering,kena,kotoran,lamalama,membuat,bagian,leher,sil,luka,sehingga,oli,merembes,ke,luar,seharus,setiap,jarak,tempuh,8000,km,bagian,cvt,mesti,dicek,dibersihkan,kotoran,gbr3,ang,malah,lanjut,endro,sering,melewati,kawasan,berdebu,durasi,pengecekan,bagian,cvt,lebih,cepat,lagi,misal,tiap,kelipatan,6000,atau,7000,km,kotoran,debu,luar,masuk,ke,dalam,cvt,lewat,lubang,pernsan,cvt,gbr4,tambah,jadi,bukan,ha,gesekan,kampas,setrifugal,s,lo,atau 7.000 km. “Karena kotoran (debu) dari luar bisa masuk ke dalam CVT lewat lubang pernapasan CVT (gbr.4),” tambahnya.
Jadi bukan hanya dari gesekan kampas setrifugal saja lo!
 Penulis : Dic | Editor : Panca | Photo : Andhika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s