Cara Kerja YMJET-F1 Yamaha Mio J

honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,di,edisi,minggu,kita,sudah,diperkenalkan,skutik,baru,yamaha,sudah,berteknologi,fuel,injection,fi,yup,betul,nama,mio,jyamaha,indonesia,pun,sudah,bukabukaan,pada,otomotif,perihal,fr,teknologi,motor,hingga,ke,jeroanjeroan,nah,teknologi,paling,dibangg,pabrikan,berlambang,garputala,pada,skutik,yakni,ymjetfisudah,pada,tau,kan,teknologi,ya,generasi,kedua,sistem,injeksi,yamaha,mengenai,komponenkomponen,ymjetfi,sudah,dibahas,beber,edisi,sekarang,kami,ulas,sistem,kerja,tentu,dipandu,ahli,pt,yamaha,indonesia,motor,manufacturing,ymki,seperti,sudah,dijelaskan,di,edisi,minggu,bahwa,pada,mio,j,yamaha,benarbenar,memanfaatkan,total,efisiensi,ada,masuk,pada,sistem,bahan,bakar,fi,pada,throttle,body,tb,ymjetfi,dt,dua,buah,katup,kupukupu,primer,sekunder,katup,primer,upstream,throttle,body,letak,dekat,mocong,tb,mengarah,ke,fil,udara,sementara,takup,sekunder,downstream,throttle,body,dekat,ke,intake,manifold,kedua,katup,sebut,saat,stasioner,posisi,menutup,semua,ang,mabidin,assistant,gm,technical,service,yimm,loh,lantas,mana,masuk,udara,dibutuhkan,untuk,mencipt,pembakaran,bersama,kabut,bensin,udara,dipasok,dikontrol,idle,spee,control,isc,seluruh,udara,takaran,sesuai,debit,bahan,bakar,diseprot,oleh,injektor,dialirkan,ke,ruang,bakar,air,assist,passage,aap,tambah,jika,grip,gas,dipelintir,10,dert,sekitar,putaran,4000,5000,rpm,lanjut,abidin,katup,primer,s,membuka,sebagian,udara,mulai,masuk,lewat,celah,katup,primer,buka,sedikit,namun,masuk,ke,intake,manifold,lantaran,katup,sekunder,masih,dalam,keadaan,tutup,udara,masih,dipasok,aap,mekanisme,seperti,kata,abidin,membuat,asupan,bahan,bakar,udara,jadi,lebih,efisien,lagi,aliran,udara,disuntik,lewat,aap,mencipt,efek,turbulensi,pada,kabut,bahan,bakar,disemprot,injector,ditambah,pemakaian,pompa,bahan,bakar,bertekanan,lebih,tinggi,fuel,pump,pada,sistem,fi,yamaha,generasi,sebelum,di,vixion,membuat,kabut,bensin,cipta,jadi,lebih,halus,kayak,asap,nah,efek,kabut,bensin,lebih,halus,berputar,tadi,membuat,pembakaran,jadi,lebih,hebat,sehingga,otomatis,torsi,power,mesin,makin,besar,ang,jadi,pengendara,perlu,membuka,grip,gas,dalam,untuk,dt,berakselerasi,baik,maka,yamaha,berani,mengklaim,konsumsi,mio,j,jauh,lebih,irit,saudara,tua,mio,sporty,yakni,hingga,36,lebih,bahkan,skutik,sekelas,lainoh,iya,menurut,kru,yamaha,bertugas,melakukan,test,ride,mio,j,saat,posisi,grip,gas,diputar,10,dert,lari,mio,j,menci,30,kmjam,lo,baru,deh,ketika,grip,gas,dipelintir,lebih,dalam,di,atas,10,dert,downstream,throttle,valve,mulai,buka,udara,mulai,masuk,ke,ruang,bakar,main,air,intake,passage,semakin,besar,bukaan,grip,gas,semakin,deras,presentasi,udara,masuk,jelas,abidin,pada,kondisi,sebut,debit,udara,sepenuh,dikontrol,oleh,throttle,valve,sementara,aliran,udara,pada,aap,dicut,atau,dtup,oleh,iscselanjut,waktu,bukaan,grip,gas,dtup,ukaan,kedua,throttle,valve,semakin,mengecil,kemudian,menutup,penuh,nah,saat,downstream,throttle,valve,menutup,sempurna,seluruh,udara,mengalir,ha,aap,pada,kondisi,isc,kembali,bekerja,untuk,mengatur,volume,udara,siklus,sebut,jadi,berulangulang,sesuai,bukaan,grip,gas,keren,ya,cuy,
MotoBike – Di edisi minggu lalu kita sudah diperkenalkan dengan skutik terbaru Yamaha yang sudah berteknologi fuel injection (FI). Yup betul, namanya Mio J.Yamaha Indonesia pun sudah buka-bukaan pada OTOMOTIF perihal fitur dan teknologi motor ini hingga ke jeroan-jeroannya.
Nah, teknologi yang paling dibanggakan pabrikan berlambang Garputala pada skutik ini yakni YMJET-FI. Sudah pada tau kan teknologi ini? Yaitu generasi kedua sistem injeksi Yamaha. Mengenai komponen-komponen YMJET-FI, sudah dibahas beberapa edisi lalu. Sekarang akan kami ulas sistem kerjanya. Tentunya dipandu ahlinya dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YMKI).
Seperti sudah dijelaskan di edisi minggu lalu, bahwa pada Mio J Yamaha benar-benar memanfaatkan total efisiensi yang ada. Termasuk pada sistem bahan bakar FI-nya.
Pada throttle body (TB) YMJET-FI, terdapat dua buah katup kupu-kupu, primer dan sekunder. Katup primer (upstream throttle body) letaknya dekat mocong TB yang mengarah ke filter udara. Sementara takup sekunder (downstream throttle body) yang dekat ke intake manifold.
“Kedua katup tersebut saat stasioner posisinya menutup semua,” terang M.Abidin, Assistant GM Technical Service YIMM. Loh, lantas dari mana masuknya udara yang dibutuhkan untuk menciptakan pembakaran bersama kabut bensin?
“Udara dipasok dan dikontrol Idle Spee Control (ISC). Seluruh udara dengan takaran yang sesuai dengan debit bahan bakar yang diseprot oleh injektor dialirkan ke ruang bakar melalui Air Assist Passage (AAP),” tambahnya.
Lalu jika grip gas dipelintir sampai 10 derajat (sekitar putaran 4.000 – 5.000 rpm), lanjut Abidin, cuma katup primer saja yang membuka. “Sebagian udara mulai masuk lewat celah katup primer yang terbuka sedikit, namun tidak sampai masuk ke intake manifold lantaran katup sekunder masih dalam keadaan tertutup. Udara masih dipasok melalui AAP.”
Dengan mekanisme seperti itu, kata Abidin membuat asupan bahan bakar dan udara jadi lebih efisien. Apalagi aliran udara yang disuntik lewat AAP menciptakan efek turbulensi pada kabut bahan bakar yang disemprot dari injector.
Ditambah pemakaian pompa bahan bakar yang bertekanan lebih tinggi dari fuel pump pada sistem FI Yamaha generasi sebelumnya (di V-Ixion), membuat kabut bensin yang tercipta jadi lebih halus kayak asap.
Nah, dengan efek kabut bensin yang lebih halus dan berputar tadi, “Membuat pembakaran jadi lebih hebat, sehingga otomatis torsi dan power mesin makin besar,” terangnya. Jadi, pengendara tidak perlu membuka grip gas terlalu dalam untuk dapat berakselerasi dengan baik.
Makanya Yamaha berani mengklaim konsumsi Mio J jauh lebih irit dari saudara tuanya (Mio Sporty), yakni hingga 36% lebih. Bahkan dari skutik sekelas lainnya. Oh iya, menurut kru Yamaha yang bertugas melakukan test ride Mio J, saat posisi grip gas diputar 10 derajat, lari Mio J bisa mencapai 30 km/jam lo.
Baru deh ketika grip gas dipelintir lebih dalam di atas 10 derajat, downstream throttle valve mulai terbuka. “Udara mulai masuk ke ruang bakar melalui main air intake passage. Semakin besar bukaan grip gas, semakin deras presentasi udara yang masuk,” jelas Abidin.
Pada kondisi tersebut, debit udara sepenuhnya dikontrol oleh throttle valve. Sementara aliran udara pada AAP di-cut atau ditutup oleh ISC. Selanjutnya waktu bukaan grip gas ditutup, ukaan kedua throttle valve akan semakin mengecil dan kemudian menutup penuh.
Nah, saat downstream throttle valve menutup sempurna, seluruh udara mengalir hanya melalui AAP. Pada kondisi itu ISC kembali bekerja untuk mengatur volume udara. Siklus tersebut terjadi berulang-ulang sesuai bukaan grip gas.
Keren juga ya, Cuy!?

honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,di,edisi,minggu,kita,sudah,diperkenalkan,skutik,baru,yamaha,sudah,berteknologi,fuel,injection,fi,yup,betul,nama,mio,jyamaha,indonesia,pun,sudah,bukabukaan,pada,otomotif,perihal,fr,teknologi,motor,hingga,ke,jeroanjeroan,nah,teknologi,paling,dibangg,pabrikan,berlambang,garputala,pada,skutik,yakni,ymjetfisudah,pada,tau,kan,teknologi,ya,generasi,kedua,sistem,injeksi,yamaha,mengenai,komponenkomponen,ymjetfi,sudah,dibahas,beber,edisi,sekarang,kami,ulas,sistem,kerja,tentu,dipandu,ahli,pt,yamaha,indonesia,motor,manufacturing,ymki,seperti,sudah,dijelaskan,di,edisi,minggu,bahwa,pada,mio,j,yamaha,benarbenar,memanfaatkan,total,efisiensi,ada,masuk,pada,sistem,bahan,bakar,fi,pada,throttle,body,tb,ymjetfi,dt,dua,buah,katup,kupukupu,primer,sekunder,katup,primer,upstream,throttle,body,letak,dekat,mocong,tb,mengarah,ke,fil,udara,sementara,takup,sekunder,downstream,throttle,body,dekat,ke,intake,manifold,kedua,katup,sebut,saat,stasioner,posisi,menutup,semua,ang,mabidin,assistant,gm,technical,service,yimm,loh,lantas,mana,masuk,udara,dibutuhkan,untuk,mencipt,pembakaran,bersama,kabut,bensin,udara,dipasok,dikontrol,idle,spee,control,isc,seluruh,udara,takaran,sesuai,debit,bahan,bakar,diseprot,oleh,injektor,dialirkan,ke,ruang,bakar,air,assist,passage,aap,tambah,jika,grip,gas,dipelintir,10,dert,sekitar,putaran,4000,5000,rpm,lanjut,abidin,katup,primer,s,membuka,sebagian,udara,mulai,masuk,lewat,celah,katup,primer,buka,sedikit,namun,masuk,ke,intake,manifold,lantaran,katup,sekunder,masih,dalam,keadaan,tutup,udara,masih,dipasok,aap,mekanisme,seperti,kata,abidin,membuat,asupan,bahan,bakar,udara,jadi,lebih,efisien,lagi,aliran,udara,disuntik,lewat,aap,mencipt,efek,turbulensi,pada,kabut,bahan,bakar,disemprot,injector,ditambah,pemakaian,pompa,bahan,bakar,bertekanan,lebih,tinggi,fuel,pump,pada,sistem,fi,yamaha,generasi,sebelum,di,vixion,membuat,kabut,bensin,cipta,jadi,lebih,halus,kayak,asap,nah,efek,kabut,bensin,lebih,halus,berputar,tadi,membuat,pembakaran,jadi,lebih,hebat,sehingga,otomatis,torsi,power,mesin,makin,besar,ang,jadi,pengendara,perlu,membuka,grip,gas,dalam,untuk,dt,berakselerasi,baik,maka,yamaha,berani,mengklaim,konsumsi,mio,j,jauh,lebih,irit,saudara,tua,mio,sporty,yakni,hingga,36,lebih,bahkan,skutik,sekelas,lainoh,iya,menurut,kru,yamaha,bertugas,melakukan,test,ride,mio,j,saat,posisi,grip,gas,diputar,10,dert,lari,mio,j,menci,30,kmjam,lo,baru,deh,ketika,grip,gas,dipelintir,lebih,dalam,di,atas,10,dert,downstream,throttle,valve,mulai,buka,udara,mulai,masuk,ke,ruang,bakar,main,air,intake,passage,semakin,besar,bukaan,grip,gas,semakin,deras,presentasi,udara,masuk,jelas,abidin,pada,kondisi,sebut,debit,udara,sepenuh,dikontrol,oleh,throttle,valve,sementara,aliran,udara,pada,aap,dicut,atau,dtup,oleh,iscselanjut,waktu,bukaan,grip,gas,dtup,ukaan,kedua,throttle,valve,semakin,mengecil,kemudian,menutup,penuh,nah,saat,downstream,throttle,valve,menutup,sempurna,seluruh,udara,mengalir,ha,aap,pada,kondisi,isc,kembali,bekerja,untuk,mengatur,volume,udara,siklus,sebut,jadi,berulangulang,sesuai,bukaan,grip,gas,keren,ya,cuy,

http://www.motobike.com

Penulis : Dic | Editor : Panca | Photo : Dok. Otomotif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s