Rahasia Teknik Putaran Gas Enteng

Para pengguna sepeda motor tentu pernah merasakan bahwa sepeda motornya terkadang tarikannya masih terasa berat meskipun sudah dilakukan servis. Hal ini tak terlepas dari sugesti awal saat mengendarai sepeda motor, bahwa saat pertama kali mengendarai sepeda motor pasti untuk mendapatkan performa motor” yang ringan tarikannya adalah dengan menarik/memutar grip/handle gas.Ketika putaran gas terasa seret maka akan berpengaruh besar pada tarikan motor yang juga terasa berat. Saat mengeluhkan kondisi semacam ini kebanyakan teknisi/pengendara mengambil jalan pintas dengan cara memotong pegas “per skep karburator”. Padahal cara semacam ini sangat berbahaya karena kemampuan pegas akan semakin berkurang. terlebih jika terdapat kotoran pada area dinding skep karena debu atau embun air, maka skep akan macet tidak bergerak, akibatnya suara motor akan maraung tidak mau turun.

Baiklah, saya akan berbagi rahasia teknik meringankan putaran gas untuk sepeda motor type karburator :

  1. Bongkar karburator, lumasi grip handle gas (grip kanan) dengan pelumas “WD 40” / yang sejenis (lihat gambar.1)
  2. Lumasi “kabel gas” dari arah bawah dengan WD 40 / yang sejenis atau dengan bensin dicampur oli mesin sedikit, masukkan selang plastik yang sesuai dengan diamater kabel gas, kemudian semprot dengan angin kompressor supaya cairan mencapai bagian atas dari kabel gas (lihat gambar.2)
  3. Lepas pegas skep karburator, kemudian tekan bagian ujung pegas atas dan bawah menjadi lebih rapat menggunakan tang lancip, sesuaikan tekanan-kerapatan dengan yang dikehendaki, usahakan maksimal 3 lilitan pegas atas dan 3 lilitan pegas bawah, supaya kemampuan pegas tidak berkurang drastis (lihat gambar.3)
  4. Setelah selesai, pasang kembali karburator dan coba sensasi putaran gas enteng yang membuat tarikan motor teras ringan.
Rahasia Teknik
Gambar.1
Kabel gas
Gambar.2
Per Skep karburator
Gambar.3

Demikian rahasia teknik putaran gas enteng, semoga bermanfaat, tunggu rahasia teknik saya selanjutnya di episode konten yang akan datang dengan judul : ” Rahasia Teknik Mengatasi Cakram Seret Saat Penggantian Kampas Rem Cakram ”

Posted by : Admin blog : Rahasia Teknik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s