Bikin Kinclong Karburator, Modal Sabun dan Aki Zuur


Rendam sekitar 2-3 menit

Tidak ada salahnya menjaga kebersihan permukaan luar karburator. Apalagi, sebenarnya ada teknik mudah dan enggak butuh waktu lama buat membersihkannya. Cuma modal sabun cream alias sabun colek buat cuci baju dan air aki zuur saja.“Pakai dua bahan itu sudah cukup bikin kinclong kok. Soalnya kalau permukaan luar karburator kotor, kesannya motor enggak pernah diservis,” bilang Ismail dari Si Mbah Jaya Motor (SJM) di Jl. Cigalagah, No. 35, Pasar Kurucuk, Karamatmulya, Kuningan, Jawa Barat.

Ismail yang juga seorang pembalap ini, coba kasih panduan. Selain kedua bahan yang sudah disebut di atas, sobat juga butuh wadah buat merendam karbu. Lalu, sikat gigi bekas atau kuas cat yang berukuran kecil buat menggosok hingga ke permukaan-permukaan terdalam.

Setelah bahan dan perlengkapan disiapkan, kini campurkan air aki zuur dan sabun colek secukupnya ke dalam wadah. Misalnya, setengah botol air aki zuur dan tiga hingga empat sendok teh sabun colek. Setelah itu, aduk keduanya hingga campuran merata. Jangan diminum ya.

Selanjutnya, buka karburator dari intake dan lepaskan seluruh part yang ada di karbu. “Jangan lupa komponen karet, plastik dan spuyer di dalam karburator harus dilepas agar tidak rusak oleh air zuur,” wanti si Mbah Mail, panggilan keren Ismail.

Usai semua part terlepas, kini rendam kedua (bagian atas karbu dan mangkok) ke cairan campuran yang sudah disiapkan tadi. Sembari direndam, baiknya perlahan diaduk juga. Sehingga cairan bisa masuk atau mengenai bagian yang sulit dijangkau.

Tak butuh waktu lama, proses perendamannya. “Hanya sekitar 2–3 menit saja sudah cukup kok. Apalagi kalau karbu itu enggak kotor-kotor banget. Setelah diangkat, gosok karbu pakai sikat atau kuas,” kata si Mbah lagi.

Bilas pakai air bersih sembari di gosok (kanan). Campurkan 100 ml untuk 1 sendok teh sabun colek(kiri)

Perhatikan
Karena air zuur mengandung H2SO4 (asam sulfat), jadi waspada agar jangan terkena kulit. Bila terkena kulit bisa-bisa tangannya gatel-gatel. Jadi hati-hati deh dalam pengerjaan nya.

Oh ya! Jika dirasa permukaan luar karbu masih kurang bersih, proses ini bisa diulang lagi ya. Pokoknya sampai taraf kinclong yang diinginkan.

Usai membersihkan permukaan luar, sekalian membersihkan bagian dalam karbu. Tapi jangan pake air zuur dan sabun. Seperti peranti macam pilot-jet dan main-jet bahkan botol skep juga. Bersihkannya bisa pakai bensin. Lalu, keringkan pakai angin kompresor agar bersih dari air dan partikel debu. (motorplus-online.com) 

Penulis : Panji | Teks Editor : KR15 | Foto : Lomo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s