Syarat Ganti Bohlam Standar Jadi Pakai Halogen

MotoBike – Halogen memang lebih terang cahayanya tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin pasang pe­nerang model begini. Ya pastinya, biar enggak salah pilih dan salah kaprah, inilah hal yang perlu dilakukan dan tidak.

SESUAIKAN SPESIFIKASI

Di sini maksudnya pakai bohlam yang watt-nya sesuai dengan standar pabrik. “Misal 18/18 ya pakai juga halogen ukuran segitu,” buka Wira Sentosa dari SACS, spesialis lampu di daerah Pondok Gede, Bekasi. “Di sini ada kesalahpahaman, orang-orang pada taunya makin gede watt, makin terang juga cahayanya,” tambahnya.

Padahal belum tentu benar, pasalnya sepul dari pabrikan sudah di-setting untuk mengisi arus bohlam standar. Contoh pada Honda Vario yang pakai dua bohlam berukuran 18/18, jika kedua bohlam itu diganti 35/35 cahaya yang dihasilkan sama saja. “Karena sepul tadi enggak mampu memenuhi kebutuhan arus bohlam tersebut. Jadi sepul itu akan kerja terus-menerus,” tutur Wira. Ibarat kata, besar pengeluaran daripada pemasukan cuy!

Jadi, ya harus cari bohlam halogen dengan spek yang sama dengan pabrikan. Atau bisa juga pakai yang 25/25, “Sepul masih mampu ngisi untuk watt segitu,” kata Wira mencontohkan.

PILIH YANG BERMEREK

Terdengar sepele, tapi berpengaruh juga. Karena selain merek-merek ternama seperti Philips, Osram dan lainnya, ada juga yang tanpa merek dengan harga yang murah. “Biasanya lebih cepat mati tuh yang halogen biasa,” tutur Wira. Iyalah, harga enggak pernah bohong sih.

JANGAN DISENTUH

Yup, jangan pernah sekali pun coba-coba menyentuh bohlam halogen. Tangan akan meninggalkan keringat dan minyak pada kaca bohlam. Bohlam jenis ini berisi gas argon yang dicampur gas lain, jadi panas yang dihasilkan juga lebih tinggi dibanding bohlam biasa. “Bercak minyak dan keringat tadi mengakibatkan panas bohlam hanya pada satu titik saja, inilah yang bikin bohlam mati,” wanti pria berkulit putih ini. Tapi tenang, bisa dibersihkan dengan tisu yang diberi alkohol jika tersentuh.

Pengirim : Rendi | E-mail : Balikpapan

http://www.mymotobike.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s