Perawatan Filter Karburator Skutik

MotoBike – Perawatan motor berpenggerak CVT memang sedikit berbeda kalau dibandingkan dengan motor tipe lain seperti bebek atau sport. Selain sistem penggeraknya, bagian filter udara pada karburator juga berbeda.

Nah, jika pada motor bebek masih banyak yang pakai bahan kertas ataupun spons, maka untuk skutik hampir semuanya sudah pakai filter kertas yang dibasahi oli khusus. Bahasa kerennya viscous element (VE).“Filter udara jenis ini sudah bebas perawatan, jadi enggak bisa dibersihkan seperti halnya filter jenis spons dan kertas biasa (gbr.1),” ungkap Eko Yulianto dari Takutic, bengkel umum khusus skutik. Oli yang digunakan pada filter jenis VE ini berbeda dengan oli mesin loh, karena memiliki spesifikasi khusus.

“Jadi jangan sampai salah kaprah filter skutik yang kotor dicuci dengan bensin dan dilumuri lagi dengan oli mesin,” wanti pria beralamat di Jl. Raya Kebagusan No. 36, Jaksel ini.

honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,perawatan,motor,berpenggerak,cvt,memang,sedikit,berbeda,kalau,dibandingkan,motor,tipe,lain,seperti,bebek,atau,sport,selain,sistem,penggerak,bagian,fil,udara,pada,karburator,berbeda,nah,jika,pada,motor,bebek,masih,bak,pakai,bahan,kertas,ataupun,spons,maka,untuk,skutik,hampir,semua,sudah,pakai,fil,kertas,dibasahi,oli,khusus,bahasa,keren,viscous,element,ve,fil,udara,jenis,sudah,bebas,perawatan,jadi,enggak,dibersihkan,seperti,hal,fil,jenis,spons,kertas,biasa,gbr1,ungkap,eko,yulianto,takutic,bengkel,umum,khusus,skutik,oli,digun,pada,fil,jenis,ve,berbeda,oli,mesin,loh,memiliki,spesifikasi,khusus,jadi,jangan,salah,kaprah,fil,skutik,kotor,dicuci,bensin,dilumuri,lagi,oli,mesin,wanti,pria,beralamat,di,jl,raya,kebagusan,no,36,jaksel,namun,meski,bebas,perawatan,fil,udara,tetap,dibersihkan,cara,diketokketok,seperti,gbr2,cara,ha,untuk,merontokkan,sedikit,kotoran,dt,di,fil,udara,tentu,cara,ha,dilakukan,sebelum,melewati,masa,pakai,fil,udara,maksimal,10,ribu,km,wanti,pria,berkumis,jangan,anda,coba,membersihkan,fil,udara,menggun,angin,bertekanan,gbr3,bukan,bersih,justru,kotoran,malah,masuk,semakin,dalam,ke,poripori,fil,udara,kotoran,sudah,ikat,oli,dt,di,fil,udara,akibat,aliran,udara,dibutuhkan,mesin,makin,hambat,tarikan,skutik,asa,lebih,berat,ang,pria,ramah,waduh,enggak,lincah,lagi,deh,skutik,bukan,lo,kalau,aliran,udara,hambat,lantaran,bak,debu,nempel,di,poripori,fil,membuat,konsumsi,bensin,jadi,lebih,boros,bagaimana,jika,fil,udara,sudah,melebihi,masa,pakai,10,ribu,km,tetap,digun,ya,tentu,sama,berimbas,pada,konsumsi,bahan,bakar,semakin,boros,kotoran,sudah,menumpuk,di,fil,udara,membuat,tarikan,berat,gbr4,buntut,kita,membuka,gas,lebih,besar,lagi,urai,eko,sekarang,coba,cek,sudah,digun,ber,km,fil,udara,skutik,kesaan,kalau,sudah,10,ribu,km,baik,diganti,orisinal,pengalaman,pakai,kw,setelah,sebulan,pemakaian,motor,asa,berat,di,putaran,bawah,tengah,agak,sendatsendat,g,jalan,tutup,eko,takutic,02141313892,

Namun meski bebas perawatan, filter udara ini tetap bisa dibersihkan dengan cara diketok-ketok seperti ini (gbr.2). “Cara ini hanya untuk merontokkan sedikit kotoran yang terdapat di filter udara. Tentunya cara ini hanya dilakukan sebelum melewati masa pakai filter udara yang maksimal 10 ribu km,” wanti pria berkumis ini.

Jangan juga Anda coba membersihkan filter udara dengan menggunakan angin bertekanan (gbr.3). Bukannya bersih, justru kotoran malah akan masuk semakin dalam ke pori-pori filter udara.

“Karena kotoran sudah terikat dengan oli yang terdapat di filter udara. Akibatnya aliran udara yang dibutuhkan mesin makin terhambat dan tarikan skutik akan terasa lebih berat,” terang pria ramah ini. Waduh, enggak lincah lagi deh skutiknya.

Bukan cuma itu lo. Kalau aliran udara yang terhambat lantaran banyak debu yang nempel di pori-pori filter, akan membuat konsumsi bensin jadi lebih boros. Lalu bagaimana jika filter udara yang sudah melebihi masa pakai 10 ribu km tetap digunakan ya?

honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,perawatan,motor,berpenggerak,cvt,memang,sedikit,berbeda,kalau,dibandingkan,motor,tipe,lain,seperti,bebek,atau,sport,selain,sistem,penggerak,bagian,fil,udara,pada,karburator,berbeda,nah,jika,pada,motor,bebek,masih,bak,pakai,bahan,kertas,ataupun,spons,maka,untuk,skutik,hampir,semua,sudah,pakai,fil,kertas,dibasahi,oli,khusus,bahasa,keren,viscous,element,ve,fil,udara,jenis,sudah,bebas,perawatan,jadi,enggak,dibersihkan,seperti,hal,fil,jenis,spons,kertas,biasa,gbr1,ungkap,eko,yulianto,takutic,bengkel,umum,khusus,skutik,oli,digun,pada,fil,jenis,ve,berbeda,oli,mesin,loh,memiliki,spesifikasi,khusus,jadi,jangan,salah,kaprah,fil,skutik,kotor,dicuci,bensin,dilumuri,lagi,oli,mesin,wanti,pria,beralamat,di,jl,raya,kebagusan,no,36,jaksel,namun,meski,bebas,perawatan,fil,udara,tetap,dibersihkan,cara,diketokketok,seperti,gbr2,cara,ha,untuk,merontokkan,sedikit,kotoran,dt,di,fil,udara,tentu,cara,ha,dilakukan,sebelum,melewati,masa,pakai,fil,udara,maksimal,10,ribu,km,wanti,pria,berkumis,jangan,anda,coba,membersihkan,fil,udara,menggun,angin,bertekanan,gbr3,bukan,bersih,justru,kotoran,malah,masuk,semakin,dalam,ke,poripori,fil,udara,kotoran,sudah,ikat,oli,dt,di,fil,udara,akibat,aliran,udara,dibutuhkan,mesin,makin,hambat,tarikan,skutik,asa,lebih,berat,ang,pria,ramah,waduh,enggak,lincah,lagi,deh,skutik,bukan,lo,kalau,aliran,udara,hambat,lantaran,bak,debu,nempel,di,poripori,fil,membuat,konsumsi,bensin,jadi,lebih,boros,bagaimana,jika,fil,udara,sudah,melebihi,masa,pakai,10,ribu,km,tetap,digun,ya,tentu,sama,berimbas,pada,konsumsi,bahan,bakar,semakin,boros,kotoran,sudah,menumpuk,di,fil,udara,membuat,tarikan,berat,gbr4,buntut,kita,membuka,gas,lebih,besar,lagi,urai,eko,sekarang,coba,cek,sudah,digun,ber,km,fil,udara,skutik,kesaan,kalau,sudah,10,ribu,km,baik,diganti,orisinal,pengalaman,pakai,kw,setelah,sebulan,pemakaian,motor,asa,berat,di,putaran,bawah,tengah,agak,sendatsendat,g,jalan,tutup,eko,takutic,02141313892,

“Tentunya sama, akan berimbas pada konsumsi bahan bakar yang semakin boros. Karena kotoran yang sudah menumpuk di filter udara membuat tarikan berat (gbr.4). Buntutnya kita akan membuka gas lebih besar lagi,” urai Eko.

Sekarang coba cek, sudah digunakan berapa km filter udara skutik kesayangan? Kalau sudah 10 ribu km baiknya diganti dengan yang orisinal. “Karena pengalaman pakai yang KW, setelah sebulan pemakaian motor akan terasa berat di putaran bawah dan tengahnya. Dan agak tersendat-sendat gitu jalannya,” tutup Eko.

Penulis : Harry | Editor : Opix | Photo : Harry
wwwmymotobike.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s