Bersih-Bersih Bodi Karburator, Pilih Satu Dari Empat Cara

Libur tlah tiba… Libur tlah tiba! Hatiku gembira… Wah, itu sih lagu anak-anak yang dinyanyikan Tasya beberapa tahun lalu. Tapi, ada yang bisa ditarik dari lirik lagu itu. Yaitu, manfaatkan waktu libur sobat buat bebersih karburator. Di bawah ini, ada empat cara yang bisa dipakai buat membersihkan bodi karbu dari noda-noda yang kuat menempel. “Bisa pakai sitrun yang dicampur detergen atau sabun colek,” saran Kaper, salah satu mekanik JP Racing di Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.

Yang lain, simak ya!


Caranya lebih simpel. Jangan lupa bilas dan keringkan

Pakai Engine Conditioner
Sebenarnya, engine conditioner dipakai buat membersihkan ruang bakar. Tapi, ternyata selain angkat deposit karbon di ruang bakar, cairan ini bisa juga buat bersihkan bodi luar karbu tuh. Misalnya, pakai merek AHRS atau DCS serta merek lainya.

Cara pengerjaan tergolong paling simpel. Tidak seperti tiga cara lainnya. Cairan, cukup disemprotkan lalu diamkan saja. Kalau untuk kotoran yang belum terlalu bandel, kerak pun langsung rontok sendirinya. Kalau agak membandel, tinggal sikat pakai sikat gigi bekas deh! Bilas pakai air bersih dan keringkan. Bisa dilakukan dengan karbu terpasang atau terlepas dari posisinya.


Tak perlu keluar puluhan ribu

Manfaatkan Accu Zuur
Kalau harga engine conditioner dijual puluhan ribu sekalengnya, maka ada cara yang lebih murah. Yaitu, bermodal accu zuur yang dicampur dengan sabun colek atau detergen. Cairan aki pengganti punya efek cukup dashyat ketika dicampurkan dengan deterjen.

Kemampuannya buat menghilangkan kerak membandel juga cukup efektif. Menggunakan alat bantu seperti kuas atau sikat gigi bekas, cairan digosok hingga kotoran terangkat. So, kalau dihitung, modalnya hanya di kisaran Rp 5 ribuan. Memang, setidaknya butuh dua kali pengerjaan agar lebih kinclong. Biar lebih aman, pakai sarung tangan pelindung ya. Oh ya, saat proses pembersihan, baiknya hindari bagian yang mengandung karet.


Sikat hingga kotoran hilang

Bisa Coba Pakai Sitrun
Ini juga termasuk cara murah layaknya metode aki zuur. Sebenarnya, sitrun atau yang juga dikenal sebagai citric acid ini juga bisa dipakai buat membersihkan porslen atau keramik. Itu karena sifat sitrun sendiri yang mempunyai tingkat asam. Sedang asam dan noda, seakan menjadi sesuatu yang bertolak belakang. Maka itu, ketika keduanya dipertemukan, sitrun akan mengangkat noda.

Harga sebungkus sitrun, dijual Rp 1.000 – 2.000-an. Buat bersihkan karbu, serbuk ini dicampur lagi dengan sabun colek atau deterjen dan air. Setelah itu, pakai sikat gigi bekas dan oleskan ke bodi karbu. Jika sudah, gosok perlahan semua sisi hingga noda terangkat. Selesai, bilas pakai air bersih.


Bisa juga dipakai buar lengkapi proses

Poles Dengan Batu Hijau
Bisa dikatakan kalau fungsi batu hijau ini lebih cenderung untuk membuat kilau logam. Tapi, bahan ini juga bisa kok dipakai buat mengangkat kotoran atau noda membandel di bodi karburator.

Biasanya batu hijau ini sudah ada yang dijual dalam bentuk kemasan. Harga bervariatif, mulai dari Rp 7 ribu. Jika beli yang sudah dalam kemasan, tidak perlu dicampur lagi dengan cairan seperti bensin atau minyak tanah.

Jadi, tinggal oles ke bodi dan gosok pakai sikat atau kain bersih. Oh ya! Batu hijau ini juga bisa melengkapi salah satu proses dari tiga metode yang ada di artikel ini. Jadi, setelah dibersihkan, bodi karbu dibuat kinclong pakai batu hijau. Mantap deh! (motorplus-online.com) 

Penulis : Eka | Teks Editor : KR15 | Foto : Yudi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s