Subtitusi Kampas Kopling Matik, Bisa Pakai Beda Merek

Sobat pemilik pacuan matic, enggak perlu takut. Maksudnya enggak perlu takut enggak ada kampas kopling yang bisa disubstitusi jika ada masalah di kampas kopling besutan kesayangan. “Kalau Yamaha Mio sporty, bisa juga pakai kampas kopling Honda BeAT. Begitu juga sebaliknya,” sebut Yong Mustofa dari Yong Motor di Kemayoran, Jakarta Pusat.
Itu bisa dilakukan, karena diameter dan bentuk kampas yang diusung keduannya berukuran sama. “Tapi, kalau Honda Vario, enggak ada persamaannya. Jadi, harus tetap pakai buat Vario juga. Paling ada aftermarket,” timpal Boday dari JP Racing di Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.

Tak ubahnya Vario, Yamaha Nouvo juga punya perbedaan dengan Mio. “Kalau kampas Nouvo, diameternya sedikit lebih kecil dari Mio. Tapi, kampasnya lebih panjang,” beber Deni Mansur alias Komeng dari Clinic Motor di Halim, Jakarta Timur.

Maka itu, milik Nouvo tak bisa dipasang di Mio. Begitu juga sebaliknya. “Kalau mau pakai, musti satu set dengan mangkok kopling-nya,” aku Komeng lagi.

Buat Suzuki, pemilik Suzuki Spin atau Suzuki Skywave juga Suzuki Skydrive bisa saling tukar-pakai. “Kalau Suzuki Hayate, kampasnya sedikit lebih panjang,” ujar Sugio, Kepala Mekanik Suzuki Saharjo di Jakarta Selatan.

Begitunya kampas kopling Hayate tetap bisa dipasang ke Spin, Skydrive dan Skywave. Malah karena lebih panjang, bisa lebih cengkram mangkok kopling tuh. Tapi buat Suzuki nex, enggak ada kampas substitusi-nya.

Enggak bingung lagi kan?  (motorplus-online.com)

Penulis : Eka | Teks Editor : KR15 | Foto : Boyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s